Bisida™

Writing Tresno Jalaran soko Kulino

Dari Coreldraw ke Inkscape

Leave a comment


CorelDraw adalah editor grafik vektor yang dibuat oleh Corel, sebuah perusahaan perangkat lunak yang bermarkas di Ottawa, Kanada. Versi terakhirnya versi 15 yang dinamai X5 dirilis pada tanggal 23 Februari 2008. Corel Draw pada awalnya dikembangkan untuk dijalankan pada sistem operasi Windows 2000 dan yang lebih baru. Versi Corel Draw untuk Linux dan Mac OS pernah dikembangkan, tetapi dihentikan karena tingkat penjualannya rendah. Jika ingin memakainya tentu harus beli. Tetapi daripada beli mahal, kita bisa tetap membuat gambar vektor dengan gratis, inilah Inkscape.

Inkscape adalah sebuah perangkat lunak editor gambar vektor yang bersifat perangkat lunak bebas dibawah lisensi GNU GPL. Tujuan utama dari Inkscape adalah menjadi perangkat grafik mutakhir yang memenuhi standar XML, SVG, dan CSS.

Inkscape bersifat cross-platform[1] dan dapat dijalankan pada Mac OS X (biasanya dibawah aplikasi X11, walaupun toolkit GTK+ yang digunakan dapat dikompilasikan untuk beroperasi secara langsung dibawah Quartz[2]), sistem operasi berbasis Unix, dan Microsoft Windows. Implementasi SVG dan CSS di Inkscape belum sempurna, misalnya Inkscape tidak mendukung animasi SVG, dan font SVG, walaupun dukungan dasar untuk pembuatan font SVG telah diimplementasikan pada versi 0.47. Inkscape bersifat multibahasa, terutama untuk antarmuka dan script rumit, sesuatu yang sering terlewatkan pada sebagian besar editor grafik vektor komersil.

Pada 2010, Inkscape dalam proses pengembangan aktif, dengan penambahan fitur dan antarmuka baru secara rutin pada setiap rilis baru. Selalu memperbaiki diri dan menambal bug – bug yang ada. Inkscape akhirnya menjadi aplikasi favorite saya.

Apakah Inkscape bisa membuka file dari Coreldraw?

Jawabannya adalah bisa. Berikut file apa saja yang bisa dibuka di inkscape:

  1. Scalable Vector Graphic (*.svg)
  2. Adobe PDF (*.pdf)
  3. Adobe Illustrator 09 dan yang terbaru (*.ai)
  4. Corel DRAW (*.cdr)
  5. Autocad (*.dxf)
  6. Dan lain – lain

Cara install?

Download dulu disini. Kalau Anda pengguna Microsoft Windows tinggal double click file (*.exe) yang ada. Tapi untuk pengguna Linux Ubuntu bisa menggunakan Ubuntu Software Center atau ketik di Terminal:

sudo apt-get install inkscape

Selamat mencoba. Berusahalah selalu menggunakan aplikasi gratis / free jikalau tidak mampu membeli yang asli! 😀


Advertisements

Author: Bisida

Mari perangi pembajakan software dari diri kita sendiri... :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s