Bisida™

Writing Tresno Jalaran soko Kulino

Open Source Indonesia Sambangi Timor Leste

2 Comments


Jakarta – Hegemoni komunitas open source Indonesia sudah tak terbantahkan lagi. Bahkan, pesonanya turut berkontribusi ke dunia pendidikan di Timor Leste.

Hal ini terealisasi setelah LSM TI AirPutih yang bekerja sama dengan tim pengembangan BlankOn dan didukung oleh UNESCO membuat perangkat lunak untuk alat bantu dengar dalam proses pembelajaran.

Selain perangkat lunak, juga disediakan modul tutorial penggunaan perangkat lunak Open Source untuk pendidikan yang sudah dibungkus dalam sebuah distribusi Linux BlankOn untuk Pendidikan.

Tim AirPutih sendiri akan mendistribusikan BlankOn Pendidikan dan melakukan training selama 20 hari di dua sekolah, SD Farol dan National Directorate for Recurrent Education (NDRE), Timor Leste.

Pengembangan BlankOn untuk Pendidikan sudah dimulai sejak Oktober 2011. Adapun implementasi di Timor Leste akan dilakukan pada 28 November 2011 sampai tanggal 20 Desember 2011.

Untuk kebutuhan TIK Pendidikan, AirPutih dan BlankOn Linux menggunakan perangkat lunak Open Source. Dimana lisensinya mengizinkan orang untuk memodifikasi dan menyebarkannya kembali, sehingga semangat gotong royong dalam TIK bisa terwujud, dan kemandirian TIK bisa tercapai.

Memang, pengetahuan di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) saat ini merupakan pengetahuan yang harus dimiliki oleh setiap orang, dari tingkat SD sampai Perguruan Tinggi.

Tidak hanya siswa yang harus menguasai TIK, tenaga pengajar (guru) juga harus mampu dan matang dalam menguasai TIK, sehingga mampu mengimplementasikan pemanfaatan TIK dalam pembelajaran di sekolah.

TIK sebagai alat bantu dalam proses belajar-mengajar memungkinkan interaksi antara guru dan murid yang lebih interaktif, visualisasi pembelajaran menjadikan proses belajar siswa lebih mudah, dan dengan TIK distribusi buku elektronik menjadi lebih murah dan terjangkau oleh siswa.

( ash / fyk )  Detikinet

Advertisements

Author: Bisida

Mari perangi pembajakan software dari diri kita sendiri... :)

2 thoughts on “Open Source Indonesia Sambangi Timor Leste

  1. kontribusi anda sangat bermanfaat bagi perjalanan pendidikan di Timor Leste, semoga karya anda dapat diterima dengan baik di Timor Leste.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s